PageRank Google update bulan mei ini

 

Awal bulan mei ini, Google sepertinya meng-update peringkat PageRank (PR)-nya. Untuk sedikit informasi bagi yang belum tau apa itu PageRank, PR sebenarnya adalah semacam peringkat dari mesin pencari Google dalam mengelompokkan situs-situs atau blog-blog di jagad maya ini. PR diupdate oleh tim Google secara berkala. Rank dari PR ini adalah dari PR 0 hingga 10. PageRank ikut mempengaruhi posisi web kita dalam hasil pencarian pada Search Engine Google. Dengan pencarian terhadap keyword yang sama pada Google, biasanya web dengan PR terbaik berada di atas dari hasil pencarian. Biasanya semakin berumur dan banyak pengunjung sebuah web maka PR-nya juga akan meningkat naik.

Tanggal 1 Mei 2008 kemaren salah satu blogku yang agak rame pengunjungnya naek dari PR 0 ke PR 1. Blog-blog saya yang laen beberapa hari kemudian juga berubah PageRank-nya. Hampir semuanya dari PR 0 ke 1. Hanya ada satu yang naik langsung jadi PR 2. Saya mulai membenahi dengan serius blog-blog ini pada awal tahun 2008 kemarin. Tampaknya peringkat PR tidak mesti berbanding lurus dengan trafik pengunjung. Buktinya satu blogku yang PR 2 pengunjungnya tidak begitu banyak dibandingkan dengan blog yang lain. Menurut perkiraan saya mungkin karena pengunjungnya sebagian berasal dari luar negeri.

Manfaat dari PageRank yang tinggi selain posisi web kita di mata Google, juga menaikkan gengsi dari web/blog yang kita punya. Jika kita mempunyai web yang sudah memiliki PR misalkan 4, maka domain kita tentu akan dihargai mahal jika kita mau menjualnya. Selain itu, iklan-iklan akan mengalir masuk karena melirik banyaknya pengunjung yang datang pada web kita. Untuk mengecek PageRank, kamu bisa lihat di situs seperti prchecker.info atau di mypagerank.net

Postingan dengan judul PageRank Google update bulan mei ini ditulis oleh ridho, Penulis dapat dihubungi lewat akun sosial media berikut

Follow on Twitter

Connect on Facebook

Find on Google+

Find on LinkedIn

One Response to “PageRank Google update bulan mei ini”

  1. tanahsirah says:

    PR ibarat infestasi, makin tinggi PR makin tinggi harga domainnya. Begitupun dalam dunia paid repiu, dengan PR tinggi makin banyak job yang kita dapat dan tentunya denagn harga yang bagus juga per job nya.

Leave a Reply