Serangan Aplikasi Chating Mobile Diprediksi Bakal Matikan SMS

 

Setelah sebelumnya diberitakan WeChat dituntut untuk bayar kompensasi ke operator telekomunikasi di Cina gara-gara panggilan telpon berkurang. Sekarang SMS pun diprediksi bakalan tergerus oleh aplikasi chatting mobile di hp, wechat dkk.

Seperti dikutip dari Kompas, Laporan global lembaga riset Informa menunjukkan bahwa sepanjang tahun 2012 lalu, rata-rata harian jumlah pesan yang dikirim lewat aplikasi chatting sudah lebih tinggi daripada SMS, yaitu 19 miliar pesan per hari berbanding 17,6 miliar pesan per hari. Angka itu diperoleh dari enam aplikasi chatting mobile terpopuler, termasuk WhatsApp, BlackBerry Messenger, Viber, Nimbuzz, iMessage, dan KakaoTalk. Tahun 2014 mendatang, Informa memperkirakan jumlah pesan yang dikirim lewat aplikasi chat akan mencapai 50 miliar pesan per hari, berbanding 21 miliar pesan per hari yang dikirim via SMS.

Lembaga itu mencatat angka pengguna SMS pada 2012 mencapai 3,5 miliar di seluruh dunia. Pada tahun yang sama, pengguna aplikasi chatting mencapai 583,3 juta yang terbagi dalam enam platform yang telah disebut sebelumnya.Angka pengguna aplikasi chatting tersebut belum termasuk pengguna Facebook Messenger for Android (100-500 juta pengguna), dan aplikasi  WeChat nya Tencent asal China (sekitar 300 juta pengguna). Belum lagi dari Line ataupun aplikasi IM lainnya seperti YM, ebuddy, Mig33 dkk.

Walau pengguna aplikasi chatting mobile ini masih sedikit, namun jumlah rata-rata pesan yang dikirimkan perhari justru berbanding terbalik. Pengguna aplikasi chatting rata-rata mengirim 32,6 pesan per hari, sementara pengguna SMS hanya 5 pesan per hari.

Salah satu alasannya adalah karena faktor harga, di mana aplikasi-aplikasi chatting tersebut secara umum bisa digunakan secara cuma-cuma sementara SMS dikenakan biaya pengiriman pesan. Walaupun sebenarnya tidak gratis murni karena mendompeng biaya penggunaan pulsa internet.

Postingan dengan judul Serangan Aplikasi Chating Mobile Diprediksi Bakal Matikan SMS ditulis oleh ridho, Penulis dapat dihubungi lewat akun sosial media berikut

Follow on Twitter

Connect on Facebook

Find on Google+

Find on LinkedIn

Leave a Reply