Juni nanti, BBM akan tersedia untuk ponsel Android dan iPhone

 

Sebuah kabar mengejutkan datang dari event BlackBerry Live 2013 di Orlando, AS, selasa kemaren. Kabar itu adalah akan tersedianya layanan BlackBerry Messenger (BBM) untuk ponsel dengan OS Android dan iOS pada bulan depan, Juni 2013. Demikian berita yang beredar hari ini di situs teknologi tanah air.

CEO BlackBerry dulu RIM, Thorsten Heins, mengatakan, BBM untuk platform lain akan tersedia pertengahan tahun ini untuk perangkat iPhone dengan iOS 6 ke atas dan Android untuk versi ICS ke atas.

Pada awalnya, BBM di Android dan iOS akan memliki fitur standar seperti pengiriman pesan dan Group. Namun, Heins berjanji fitur yang lebih lanjut juga akan hadir. Hal itu termasuk, ujarnya, BBM Video, Voice, dan Screen Share.

Dengan disharenya layanan aplikasi BBM ini ke pengguna hp Android dan iPhone, eksklusifitas BBM tentu akan segera sirna. Orang tidak perlu untuk beli hp BB lagi untuk bisa mengirimkan pesan via BBM. Sebuah keputusan yang mengejutkan memang, karena dahulu ketertutupan BBM menjadikannya solusi yang diminati oleh pebisnis.

“Mengapa kami melakukannya sekarang? Platform BlackBerry 10 didukung sangat kuat dan ini waktu yang tepat untuk mendukung BBM menjadi solusi messaging yang berdiri sendiri,” kata Heins seperti dikutip dari detikinet.

Blackberry mengklaim layanan BBM mereka sudah mempunyai 60 juta pengguna aktif. Namun jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis yang lintas platform, BBM memang masih kalah jauh dengan WhatsApp, Line, WeChat dan KakaoTalk. WhatsApp sudah memiliki lebih 200 juta pengguna aktif. WeChat 300 juta lebih. Line 150 juta lebih dan KakoTalk 80 juta.

Entah perhitungan bisnis seperti apa yang dibuat Blackberry. Menarik untuk ditunggu bagaimana cara BB mendapatkan profit dari strategi dirilisnya BBM untuk android dan ios ini.

Postingan dengan judul Juni nanti, BBM akan tersedia untuk ponsel Android dan iPhone ditulis oleh ridho, Penulis dapat dihubungi lewat akun sosial media berikut

Follow on Twitter

Connect on Facebook

Find on Google+

Find on LinkedIn

Leave a Reply